Pages

Friday, December 13, 2013

Planter Bag

Share it Please
Sudah banyak kebutuhan berkerbun di kota yang terbatas dengan luas lahan sehingga harus menggunakan pot atau drum. Terutama tanaman buah seperti mangga, jambu, nangka dan lain-lain yang tidak bertujuan untuk penghijauan tetapi untuk bisa dipanen hasilnya. Orang banyak menyebutnya TABULAMPOT (Tanaman Buah Dalam Pot).

Sekarang sudah ada alternatifnya selain menggunakan media pot atau drum yaitu Planter Bag. Planter Bag terbuat dari Plastik HDPE (High-density polyethylene) dengan 5% UV additive, di desain memang untuk tanaman baik indoor maupun outdoor, jadi jauh lebih tahan lama. Media Pot dari bahan semen menjadikannya sangat berat dan rawan pecah sehingga sulit untuk dipindah-pindahkan. Daya tahan drum juga maksimal hanya 2 tahun; apalagi penggunaan pupuk kimia akan mempercepat proses karat sehingga pot bekas drum akan cepat rusak.


Tersedia Berbagai Ukuran Sesuai Kebutuhan

Dari segi harga juga, planter bag lebih ekonomis dimana kapasitas 200 Liter setara dengan pot bekas Drum dari besi dengan harga pasaran paling murah Rp. 50.000. Dari segi daya tahan biasanya umur dari Drum sekitar 2 tahun dan bila sering diberikan pupuk kimia maka akan lebih cepat. Sedangkan planter bag minimal 5 tahun dan berpotensi sampai 10 tahun.


Lebih mudah diangkat
Mengurangi Beban dengan 2 orang
Selain itu karena adanya pegangan (handle) sehingga bisa diangkat oleh lebih dari 2 orang sehingga mengurangi beban mengangkatnya. Juga dalam hal penyimpanan lebih effisien dibandingkan pot biasa atau drum karena bisa dilipat sehingga dalam penyimpanan dimensinya jauh lebih kecil.


Begitu juga dengan pertumbuhan akar dimana didalam pot biasa akar akan berkeliling sesuai dengan luas dari pot. Sedangkan dengan planter bag karena ada rongga-rongga kecil diseluruh permukaan sehingga tanah pun bisa bernafas dan mengeluarkan air yang berlebih sehingga pertumbuhan akar lebih baik. Bisa dilihat dengan gambar dibawah dimana sebelah kiri adalah tanaman yang ditanam di pot dan sebelah kanan ditanam di planter bag dengan dimensi isi yang sama.

Akar Pertumbuhan di Planter Bag
Akar Pertumbuhan di Pot Biasa

Panter Bag pun sudah teruji di berbagai macam negara dengan musim atau cuaca yang ekstrim seperti salju yang sangat dingin sekali maupun di padang gurun dimana sangat panas sekali.

Perkebunan di Eropa
Perkebunan Olive di Australia
Perkebunan Kurma di Dubai

Perkebunan Olive di Australia








Pengembangan Bibit Kurma di Dubai

1 comment:

  1. Pengalaman dirumah pakai planter bag dibanding pot plastik lebih bagus pb, tanaman lebih cepat besar, berbuah dan perakaran rata dibanding pot plastik hitam, trus kalo musim hujan gini ga khawatir akar busuk krn air hujan cepat dialirkan melalui lubang disisi pb dan lubang bawah, intinya planter bag nice produk dech,,, 1 lg mudah angkut sana sini untuk menata taman buah. http://www.fanannco.com/

    ReplyDelete